Minggu, 05 Agustus 2012

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Tak Rewel

img

Jakarta - Masyarakat beranggapan merawat motor injeksi   lebih sulit dari pada merawat motor karburator.  Padahal itu tidak sama sekali, justru merawat motor injeksi itu lebih mudah dan murah dalam merawatnya,  Dengan menggunakan software yang berbasis komputerisasi akan mempercepat pemeriksaan. Dan hanya mengeluarkan dana hingga Rp 35 ribu-Rp 40 ribu. 
"Kami menyediakan fasilitas FI cleaner di diler resmi yang bekerja sama dengan 3M sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dan disesuaikan untuk konsumen di daerah big city, city dan rural," kata Abidin.

Oleh sebab itu melalui program Yamaha FI Ready, Yamaha memberikan perawatan dalam beberapa cara untuk membersihkan motor berinjeksi.

1. Dengan mengganti Filter Fuel Pump

2. Membersihkan injektor dengan menggunakan alat Injektor Tester. Dimana injektor dibersihkan dengan cara mencopot injektor dan dibersihkan memalui injektor tester. Dan alat ini juga dapat mengetahui seberapa besar daya semprotan yang dikeluarkan injektor. Alat ini dipergunakan untuk didaerah karena membutuhkan waktu lebih lama.

3. Membersihkan injeksi dengan menggunakan 3M Injector Cleaner. Injektor cleaner harus memiliki tekanan fuel pump yang sesuai dengan varian yamaha. Misalnya untuk varian V-Ixion tekanannya harus 250 kpa, dan kalau Mio J tekananbya harus 324 kpa.

Pemakaiannya connector dimasukan ke fuel house. Alatnya harus benar-benar presisi ini sangat susah ditiru. Dan satu botol bisa digunakan 5-7 motor. Kalau tekanannya tidak sesuai maka motor akan mati dengan sendiri.

Pemakaian hanya 10 menit, selama 7 menit pertama kran injector cleaner dibiarkan terbuka dan masuk ke dalam sistem injeksi motor dan 3 menit kran ditutup dan membersihkan selang injektor.

4. Menggunakan Yamahalube Carbon Cleaner yang 
dimasukan ke dalam tangki BBM saat mengisi bahan bakar penuh per 3.000 km. Dan ini sangat cocok untuk rural area.

Sumber : otodetik.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar